Saturday, January 25, 2014

Curry Puff

Tidak terlalu banyak kegiatan bervariasi yang bisa dilakukan untuk mengisi weekend di kota kecil Soroako.  Seperti biasa kegiatan weekend biasanya diisi dengan jalan-jalan ke pasar Wawondula, keliling Soroako beserta anak-anak yang paling lama memakan waktu 30 menit atau berenang di danau. Kedengarannya agak sedikit membosankan yaa,.. hehehe,.. kadang memang boring juga, tapi setiap kali cuti dan pergi meninggalkan Soroako lebih dari seminggu, saya pasti kangen untuk segera balik ke Soroako,.. jadiiii Soroako buat saya sometimes mbosenin but damn ngangngenin juga,.. hehehe,..
Udah lama pengen nyoba bikin curry puff yang resepnya saya baca di NCC. Tapi kok yah males kalo bikin sendiri, pengennya bikinnya rame-rame bareng temen,.. eh kebetulan kemarin temen-temen kantor pada mau diajak nyobain resep curry puff NCC ibu Fatmah Bahalwan.  Untuk isiannya, kami menggunakan rougout sayuran kentang, wortel, daging sapi cincang dan telur rebus.  Rasanya enaaakkk,..
Alfia, Ulva,.. thanks girls udah mau nemenin di dapur mengisi weekend,.. lain kali kita jajal resep lain lagi yaa bersama-sama,.. J


Bahan A:
·       250 gram tepung terigu
·       150 gram margarine

Bahan B:
·       750 gram tepung terigu
·       80 gram minyak goreng
·       300 ml air dingin
·       50 gram gula
·       1 sdm garam

Cara membuat:
·       Campur semua bahan A hingga menjadi adonan yang dapat dipulung. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan. Sisihkan.
·       Bahan B: dalam wadah, masukkan tepung, minyak goreng, gula, garam, uleni sambil tuangi air sedikit demi sedikit hingga menjadi adonan yang kalis. Bagi menjadi 4 bagian, bulatkan.
·       Pipihkan 1 bagian adonan B, isi dengan 1 bagian adonan A di tengahnya. Bulatkan hingga adonan A rapat terbalut adonan B. Rapikan adonannya. Lakukan pada semua adonan. Diamkan 15 menit.
·       Ambil satu bagian adonan, gilas tipis lalu lakukan lipatan single, yaitu adonan dilipat tiga kearah tengah.
·       Gilas lagi memanjang hingga sangat tipis. Kemudian gulung dan padatkan. Lakukan hal yang sama pada tiga adonan lagi.
·       Potong-potong adonan horizontal setebal kurang lebih 1-1,5cm hingga didapat potongan bulat dan terlihat tekstur pusaran.
·       Gilas tipis tiap potongan, beri isi dan bentuk menjadi pastel.
·       Goreng dalam minyak yang sudah panas hingga kuning kecoklatan. Angkat, sajikan.







No comments:

Post a Comment