Sunday, April 24, 2011

Spaghetti

Spaghetti, salah satu makanan kesukaan Difa.  Kalo lihat resep-resep, ada berbagai versi membuat saus spaghetti.  Menurutku sih intinya sesuaikan saja dengan selera kita masing-masing, mau kuat di rasa daging atau kejunya bisa dimodifikasi aja.  Bisa ditambahin potongan sosis juga. Kalo saus spaghetti yang saya siapkan di rumah, saya banyakin daging cincangnya dan tambahin irisan wortel.  


Oh ya, untuk urusan daging cincang,.. agar simple dan siap sedia setiap saat ingin digunakan kita bisa membuat sekaligus banyak dan dikemas untuk kira-kira sekali pakai.  Di Soroako, agak sedikit susah untuk mendapatkan daging sapi has dalam (saya pilih bagian ini karena kurang kandungan lemaknya).  Harus pesen dulu, jadi biasanya saya langsung beli antara 2.5 sampai 3 kilo.  Setelah itu saya cincang sendiri menggunakan food processor.  Masak daging yang telah dicincang hingga matang dan kering airnya.  Setelah dingin, bagi beberapa kemasan, kira-kira untuk sekali pakai dan simpan di freezer.  Simple kan, kita memiliki stock daging cincang yang siap digunakan J
Bahan:
·           500 gr spagetti (saya menggunakan La Fonte)

·           400 gr daging cincang
·           200 gr wortel, dipotong dadu kecil
·           3 bh bawang bombai, potong kotak
·           4 siung bawang putih, dicincang
·           5 bh tomat, direbus buang kulitnya dan potong kotak-kotak
·           250 gr pasta tomat (saya menggunakan ayam brand)
·           merica halus secukupnya
·           Basil
·           Oregano
·           100 gr keju edam, diparut
·           3 sdm margarine
·           Garam
·           Gula pasir
·           Keju permesan untuk taburan
Cara Membuat:

·           Rebus spaghetti, ikuti petunjuk pada kemasan. Sisihkan
·           Tumis bawang bombai dan bawang putih dengan margarine hingga harum.  Masukkan daging cincang.  Setelah daging empuk, masukkan irisan wortel.  Tunggu hingga matang, masukkan potongan tomat dan pasta tomat.  Tambahkan merica halus, basil, oregano, garam dan gula.  Tambahkan parutan keju apel.  Tunggu hingga keju meleleh.  Saus siap digunakan.
·           Tata spaghetti yang sudah direbus di piring saji.  Tuang saus dan taburi atasnya dengan keju parmesan.  Siap dihidangkan.






No comments:

Post a Comment